5 Langkah Merawat Mesin Mobil Tetap Prima

Inspeksi mobil
Inspeksi Mobil Bekas oleh Tim Otospector
Mobil bekas yang telah berganti kepemilikan memang cenderung memiliki kondisi mesin yang mulai menurun. Mobil bekas dari tangan pertama bisa memberikan kualitas mesin prima kalau pemilik melakukan perawatan secara optimal. Untuk Anda yang mungkin hendak membeli mobil bekas, pastikan melakukan inspeksi mobil terlebih dahulu. Jika mobil masih bagus, Anda bisa melakukan negosiasi harga dengan penjual. Setelah sukses membeli sebuah mobil bekas, pastikan Anda tahu 5 langkah merawat mesin mobil berikut ini.

1. Melakukan penggantian oli mobil secara rutin

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan kalau ingin memiliki mobil berkualitas meskipun pemakaian telah bertahun-tahun adalah rutin mengganti oli. Terlambat mengganti oli bisa menyebabkan kerusakan mesin karena pelumas yang berguna membuat mesin tidak overheat. Jangan lupa pula untuk rutin memeriksa koordinasi bagian-bagian penting lain seperti radiator, thermostat, water pump, dan coolant. 

2. Periksa lampu check engine 

Banyak orang mengabaikan lampu check engine yang menyala. Meskipun sering dianggap sepele, indikator lampu menyala merupakan tanda Anda harus segera membawa mobil ke bengkel. Mendeteksi kerusakan sejak dini bisa meminimalisir risiko Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk perbaikan kerusakan yang lebih parah. 

3. Cek bagian filter udara 

Inspeksi mobil bekas tidak pernah lepas dari pengecekan bagian filter udara. Filter udara harus selalu dibersihkan secara rutin agar terbebas dari tumpukan kotoran dan karat. Tidak ada aturan pasti mengenai kapan Anda harus melakukan pergantian filter udara tergantung dengan kondisi udara yang dihadapi setiap hari. 

4. Selalu isi bahan bakar

Membiarkan tangki pengisian bahan bakar mobil kosong melompong merupakan kebiasaan buruk yang berdampak pada kerusakan jangka panjang. Pasalnya, bahan bakar menyisakan endapan sedimen yang akan masuk ke dalam mesin bersama dengan sisa bahan bakar. 

Jadi, Anda tidak boleh membiarkan tangki pengisian bahan bakar sampai sedikit atau kosong. Sistem pembakaran pada mobil kesayangan bakal lebih berat akibat endapan yang ikut masuk. 

5. Gaya mengemudi yang baik 

Perilaku pengemudi sangat mempengaruhi mesin mobil tetap prima. Gaya mengemudi yang tidak ugal-ugalan atau melaju di jalan raya dengan kecepatan konstan bisa membantu Anda memiliki mobil yang berkualitas. Kecepatan konstan akan membantu perawatan mesin mobil dan menghemat konsumsi BBM. 

Melajukan mobil dengan kencang bisa membuat mobil Anda lebih boros bahan bakar. Selain itu, berkendara dengan kecepatan yang relatif konstan akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman. 

Beberapa langkah merawat mesin mobil di atas bisa Anda jadikan patokan untuk memiliki kendaraan yang berkualitas. Kelak mobil yang Anda ingin jual kembali akan memiliki harga purna jual lebih tinggi dibandingkan mobil yang tidak dirawat dengan baik. Jika calon pembeli melakukan cek mobil bekas, Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi mesin mobil kesayangan. Gunakan jasa inspeksi Otospector yang lebih menguntungkan, yuk! 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar