Bunda, Ini Lho 5 Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar Agar Tetap Steril!

Sumber: pinterest.com

Hal penting yang harus dipersiapkan oleh para Bunda untuk si kecil adalah botol susunya. Bunda juga perlu mempertimbangkan alat sterilisasinya untuk membantu membersihkan botol bayi agar lebih steril. Perlu diketahui, bahwa botol bayi yang tidak bersih dan steril bisa membuat kuman berkembang serta mengkontaminasi pada susu bayi. Dampaknya, bukan tidak mungkin jika si kecil bisa terkena risiko infeksi perut, parasit, virus dan bakteri di saluran pencernaan sebab sistem tubuhnya yang belum mampu untuk melawan bakteri jahat.

Hal tersebut juga bisa menyebabkan si kecil muntah-muntah atau diare. Oleh sebab itu, sterilisasi botol bayi sangatlah penting untuk dilakukan para Bunda agar pencernaan si kecil tetap terjaga dengan baik. Meskipun tidak harus dilakukan setiap hari, tetapi di keadaan tertentu. Sebenarnya sterilisasi botol susu perlu dilakukan pada saat pertama kali membeli perlengkapan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara mudah mensterilisasi botol susu bayi yang bisa dilakukan oleh para Bunda di rumah. 

1. Sterilisasi Botol Susu dengan Microwave

Sterilisasi Botol Susu dengan Microwave
Sumber: pinterest.com
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan microwave. Untuk melakukan cara satu ini, rata-rata memerlukan waktu 90 detik saja. Kamu hanya tinggal masukkan botol ke dalam microwave dengan keadaan tutup botol yang sudah terbuka. Hal ini bertujuan agar tidak membuat penumpukan tekanan di dalamnya. Tidak hanya itu, Bunda juga bisa menempatkan steamer microwave dengan waktu 3-8 menit. Mensterilisasi botol bayi dengan menggunakan microwave juga tidak akan membuat botol meninggalkan bau atau rasa setelahnya.

2. Menggunakan Uap Listrik

Menggunakan Uap Listrik
Sumber: pinterest.com
Kini sudah banyak yang jual sterilisasi uap listrik dengan berbagai merk dan kualitas tertentu. Harganya pun bervariasi. Alat satu ini berguna untuk mensterilisasi botol bayi dengan uap yang lebih tinggi ketimbang air mendidih. Sehingga mampu membunuh banyak jamur dan bakteri yang ada di botol. Pastikan jika botol sudah dibersihkan sebelum memasukkan ke alat sterilisasi ini. Selain berguna untuk mensterilisasi botol, alat ini juga bisa kamu gunakan untuk mensterilkan segala mainan bayi atau teether.

3. Pakai Tablet Sterilisasi

Pakai Tablet Sterilisasi
Sumber: pinterest.com
Tablet sterilisasi juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan botol bayi agar tetap steril lho, bun. Cara ini merupakan salah satu cara termudah untuk mensterilisasi botol tanpa alat khusus. Tablet sterilisasi ini termasuk food-grade yang sangat efektif untuk membunuh bakteri dan jamur dengan cara sterilisasi seperti yang lain. Untuk hasil yang lebih maksimal, Bunda perlu mengikuti instruksi yang berada di kemasan. 

Baca juga: Tips Beli dan Simpan Buah Apel Agar Lebih Awet

4. Sterilisasi dengan UVI Cube

Sterilisasi dengan UVI Cube
Sumber: pinterest.com
Alat yang satu ini bisa dibilang paling mahal daripada yang lain. Namun juga yang paling efektif. UVI Cube ini memiliki sinar UV yang dipercaya mampu membunuh banyak bakteri dan jamur sampai 99 persen. Alat UVI Cube ini juga bisa kamu gunakan untuk mensterilisasi botol serta mainan bayi dengan jumlah yang banyak.

5. Merebus Botol Susu

Merebus Botol Susu
Sumber: pinterest.com
Cara terakhir ini sering dilakukan oleh orangtua dulu. Untuk mensterilkan botol bayi juga tidak memerlukan alat khusus. Kamu hanya perlu menyiapkan panci khusus dan air panas. Cara ini dijamin aman untuk mensterilkan botol bayi. Jadi Bunda tidak perlu khawatir jika cara ini malah membuat botol bayi menjadi rusak atau tidak steril. Cara mensterilkannya, isi panci dengan air terlebih dahulu secukupnya. Lalu masukkan botol yang telah dicuci dengan posisi terbalik. Kemudian rebus selama lima menit (sampai mendidih). Jika sudah, matikan kompor dan angkat botol. Setelah itu keringkan botol dengan lap kering ya, Bun!

Itulah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membersihkan botol bayi agar tetap steril. Lakukanlah salah satu cara diatas ini yang menurut Bunda mudah untuk dilakukan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar